Gadget

Beberapa Penyebab Kegagalan Flashing HP Android

Flash hp android merupakan cara alternative untuk mengatasi  berbagai masalah pada android seperti Bootlop, Kegagalan System dan lain sebagainya. Dalam proses flashing ini, ternyata tidak selalu menunjukkan hasil  100% berhasil, terkadang ada beberapa hal yang membuat hp gagal di flash. Oleh sebab itu, kita perlu mencari tau terlebih dahulu penyebab gagalnya proses flashing agar permasalahan dapat di atasi.

image : goodwalpaper.site

Sebelum membahas masalahnya, perhatikan dulu hal-hal utama yang wajib di perhatikan saat flashing antara lain :

1.Tersedia Firmware
2.Terinstal USB Driver Di Komputer
3.Tersedia Odin/Flashtool

Jika anda sudah menyiapkan ke 3 hal di atas, pada umumnya proses flasing sudah  bisa di lkerjakan. Jika proses flashing berjalan, tentu anda tak perlu repot-repot lagi mencari solusi, namun Jika gagal, silahkan baca “Penyebab dan cara mengatasi gagal flash berikut ini :

1.Firmware Tidak Cocok / Tidak Compatible

Berdasarkan pengalaman, beberapa proses flashing gagal karena adanya salah firmware, jadi firmware yang kita download bisa saja tidak cocok dengan hp kita, untuk mengatasi hal tersebut, pastikan anda mencari lagi firmware yang sesuai dan bisa juga mencari firmware original atau biasa di sebut stock rom.

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Dan Simple Upgrade OS Android Ke Versi Tebaru

Terkadang ,pada beberapa HP Android memiliki 2 Firmware, pertama adalah fastboot, dan kedua adalah rom, xiaomi misalnya, jadi sebelum melakukan proses flashing, pastikan anda memiliki beberapa file yang harus di siapkan.

2.Kesalahan Pada USB Driver

Kesalahan Pada usb driver ini juga bisa menyebabkan gagal flashing, tapi jika kesalahan terdapat pada usb driver, biasanya yang sering terjadi adalah hp dan pc tidak tersambung, atau saat  tersambung ,konektifitas tidak stabil.  Untuk itu pastikan USB driver hp anda sudah terinstal di komputer,sebagai contoh untuk hp Samsung adalah Samsung USB Driver.

3.Kesalahan Versi Odin/flashtool

Terkadang, anda perlu menggunakan Odin/Flashtool versi terbaru dan juga versi yang benar-benar cocok untuk hp anda agar proses flashing berjalan sukses ,namun hal ini jarang terjadi pada umumnya.

4.Kesalahan Kabel USB

Selain itu kabel usb Juga bisa menjadi penyebab gagalnya proses flashing hp android Jika saja kabel usb bajakan. Hal ini bisa terjadi karna kabel USB bajakan terkadang hanya berfungsi untuk melakukan pengisian batre, sehingga pada saat di sambungkan dengan PC ,hp tidak terdeteksi pada odin/flashtool.  Oleh sebab itu, admin sarankan gunakanlah Kabel USB original dan pastikan tidak ada kerusakan.

Baca Juga :  Cara Flash Semua Type HP Xiaomi (Android)

5.Kerusakan IC EMMC

Jika anda sudah mencoba berbagai cara dan solusi  namun hp tetap bootlop dan proses flashing gagal, inilah yang 99% menjadi alasan utama, IC EMMC Rusak ,ic emmc  termasuk kategori kerusakan hardware ,sehingga cara untuk mengatasinya pun harus mengganti komponen IC EMMC atau jika memungkinkan memperbaikinya di tempat service.

Itulah beberapa penyebab kegagalan proses flashing hp android pada umumnya, semoga dapat di pahami, dan Jika anda merasa ragu atau bingung untuk memperbaiki hp yang bermasalah, ada baiknya bawalah hp ke tempat service supaya tidak terjadi hardbrick atau masalah lainnya.

Dan Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!