Gadget

( Lengkap ) Inilah 3 Cara Backup dan Restore Kontak di HP Android

Backup kontak atau di kenal  dengan istilah mencadangkan kontak merupakan suatu hal yang sebenarnya mudah di lakukan dan memilki tujuan  untuk menggandakan/menyalin kontak agar saat pergantian hp atau kartu, kontak akan mudah di akses tanpa harus mencatat satu persatu. Meski demikian mungkin masih ada beberapa pengguna yang sedikit kebingungan untuk melakukan backup kontak.

image : TopOfStack Software

Untuk itu  sebelum melakukan backup kontak, terlebih dahulu anda harus mengetahui kontak anda tersimpan di mana dan mau di backup dimana ,sehingga tujuan backup kontak akan lebih mudah di lakukan.

Cara mengetahui kontak tersimpan di Tlp/sim/google ,silahkan cek detail kontak, biasanya jika kontak di simpan di sim ,akan di tampilkan logo sim, begitu pula dengan telepon. Sedangkan untuk kontak yang tersimpan di google, anda bisa membuka google kontak di browser untuk memastikan apakah kontak tersimpan di google atau tidak. Namun Jika anda tidak tau dimana letak kontak , tidak masalah, anda tetap bisa membackup kontak ,hanya saja nantinya bisa terjadi duplikat kontak atau kontak ganda saat di backup.

Pada umumnya tempat penyimpanan kontak di bagi menjadi beberapa tempat, antara lain :

Kontak SIM  :

Kontak SIM adalah kontak yang tersimpan di SIM atau kartu seperti kartu Indosat dll, saat sim di pasang di hp maka kontak dapat di tampilkan dan jika tidak, juga tidak di tampilkan.

Kontak Telepon :

Kontak telepon adalah kontak yang tersimpan di telepon atau hp sehingga saat proses ganti kartu tidak akan ada masalah alias kontak akan tetap ada, dan akan bermasalah jika anda akan ganti hp.

Baca Juga :  5 Perbedaan Laptop,Notebook dan Netbook

Kontak Google :

Kontak google adalah kontak yang di simpan secara online di akun google ,mau di tampilakan atau tidak, kontak yang tersimpan di google akan mudah di gunakan jika anda sudah menggunakan smartphone seperti android atau ios.

CARA BACKUP KONTAK : ( Contoh menggunakan HP Xiaomi  dan Untuk Hp android selain xiaomi silahkan cari menu pengaturan kontak masing” dan tutorial backup hampir sama  )

Cara Pertama :  Backup Kontak Ke Memori Card

1.Masuk Ke Pengaturan Kontak  ( Dengan Cara Masuk Ke Menu Pengaturan – Aplikasi Sistem – Kontak )
2.Buka Ekspor/Impor/Salin Kontak
3.Lanjutkan Klik Ekspor Ke Memori Card / Penyimpanan
4.Tunggu hingga selesai maka akan ada file baru yang tersimpan di memori card ( bisaanya file.vcf )
5.Done

*Nantinya untuk memulihkannya anda tingga klik import kontak dari memori card/penyimpanan dengan masuk ke menu pengaturan kontak seperti sebelumnya.

Catatan : Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan proses ini ,seperti aplikasi “EASY BACKUP”  yang bisa di download di playstore sehingga cara backup lebih mudah dan simple sekaligus setiap hp android bisa menggunakan cara yang sama untuk melakukan backup kontak.

Cara Kedua : Backup Kontak Ke Sim Dari Telpon/Telpon Ke Sim

Baca Juga :  Cara Menghapus, Menambah dan Mengganti Akun Google (Gmail) di Android

-Masuk Ke Menu pengaturan Kontak  ( Setiap Hp Caranya Berbeda-Beda )
-Buka Impor/Ekspor/Salin
-Silahkan Klik Ekspor ( Salin ) Ke Sim Atau Ke Telepon
-Done

*Nantinya untuk memulihkan kontak anda tinggal klik impor ( salin ) kontak dengan masuk ke menu pengaturan kontak seperti sebelumnya

Cara Ketiga : Backup Kontak  Ke Akun Google

Dari berbagai pilihan ,Backup kontak ke akun google sangat di sarankan karena dengan ini, kontak anda akan tersimpan online, dan jika hp anda android, anda akan mudah menampilkkannya kembali hanya dengan sinkronisasi. Namun untuk keamanan ganda, backup ke Memori Card/Sim juga di perlukan.

1.Masuk akun google via browser
2.Tambahkan Kontak Satu Persatu
3.Sinkronkan Akun Google Di Android

*Nantinya untuk memulihkannya anda hanya perlu login akun google ke hp yang lain dan mengaktifkan fitur sinkronisasi, Jangan lupa pada pengaturan kontak ,tampilkan semua kontak agar kontak yang tersimpan di akun google di tampilkan.

Dengan menerapkan 3 proses backup kontak tersebut, itu sudah lebih dari cukup untuk backup kontak anda, jika anda bigung mulai dari mana, silahkan backup ke Memori terlebih dahulu, di lanjutkan ke sim ,lalu backup ke google.

Catatan : Simpanlah kontak baru secara konsisten, jika ingin kontak berada di telepon/sim/google, selalu simpan di tempat yg sudah di tentukan agar lebih mudah saat proses backup dan tidak menyebabkan akun berganda.

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!