Gadget

5 Cara Mengatasi Hp Android Lemot dan Panas

Masalah smartphone lemot dan mudah panas adalah sesuatu yang menjengkelkan, terlebih lagi hal tersebut seringkali terulang pada smartphone, ada banyak penyebab hp anda menjadi lola dan panas, antara lain, Banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang, dan juga banyaknya cache dalam smartphone anda. selain itu, hardware yang kurang baik juga bisa jadi penyebab hp cepat panas saat di gunakan.

 

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut di butuhkan beberapa aplikasi/software tambahan ,antara lain :

*Aplikasi Pembersih Ram dan Cache

Biasanya admin menggunakan CCleaner, selain ringan aplikasi ini Juga tidak memiliki banyak iklan. Selain itu juga ada App Pembersih Ram bawaan Hp ,di dalam hp tertentu biasanya sudah tersedia aplikasi tersebut, untuk Hp xiaomi sendiri biasanya menggunaakan pmbersih cache pda menu keamanan.

Jika sudah, Berikut Tips Mengatasi Hp Lola dan Panas :

1.Bersihkan Cache Thumbnail Galerry

Membersihkan cache thumbnail gallery yang memiliki ukuran lumayan besar juga di perlukan, biasanya saat anda memiliki foto sangat banyak sekali di dalam gallery dan berulang kali mengakses file nya, maka akan ada file baru yang terbuat dan tersembunyi ,namanya adalah thumbnail file, dimana ukuran tersebut biasanya berukuran ratusan MB dan membuat memori menjadi penuh yang berakibat mengganggu performa hp. Untuk menemukan file tersebut dan membersihkannya, di perlukan aplikasi tambahan yaitu “ES File Explorer” setelah itu bias kita lanjutkan dengan scan file ukuran besar,nantinya akan muncul file thumbnail yang berukuran ratusan MB dan selanjutnya bias di hapus.

Baca Juga :  Cara Mengatasi USB Hp Android Tidak Bisa Connect Ke PC

2.Pindahkan File Ke Flashdisk

Jika anda memiliki file berukuran besar dan jarang anda gunakan di hp, maka sebaiknya pindahkan file tersebut supaya tidak memberatkan kinerja system hp, karena logika nya semakin banyak file di dalam hp, semakin berat juga beban memori nya.

3.Restart hp

Saat hp terasa begitu lemot, anda juga bisa merestart hp untuk menyegarkan system yang bisa di bilang semrawut, karna setelah hp di restart biasanya system akan memulai aplikasi dari awal lagi sehingga berkemungkinan lebih lancar  dan stabil saat di gunakan.

4.Uninstal Aplikasi Yang Kurang di Perlukan

Dari beberapa penelusuran, di temukan banyak pengguna yang menginstal banyak aplikasi yang kurang di perlukan dan app tersebut kadang memilki ukuran yang besar. Sehingga dapat menyebabkan hp mengalami perlambatan alias lola.

Baca Juga :  3 Cara Screenshoot Hp Android Semua Type

5.Tutup Aplikasi Yang Tidak Di Gunakan

Membuka terlalu banyak aplikasi Juga menjadi penyebab utama hp menjadi lemot dan panas, karena cpu akan memproses banyak tugas yang mengakibatkan lambatnya aktifitas android, oleh sebab itu biasakan selalu menutup aplikasi setelah tidak di gunakan, di karenakan para pengguna seringkali hanya meminimize nya tanpa menutup aplikasi.

Nah dengan cara tersebut biasanya Hp akan kembali ke performa awal ,dan ringan di gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!