Islam

Catat ,Begini Niat dan Tata Cara Tayammum

Tayammum merupakan salah satu hal yang bisa di lakukan saat tidak ada air di sekitar kita untuk wudu, tayamum bisa di sebut juga sebuah cara alternatif wudhu tanpa mengunakan air. Dan dalam ajaran islam hal ini di bolehkan.

image : hujjah.net

Dimana biasanya orang melakukan  tayamum ?
Bisaanya orang melakukan tayamum saat tidak adanya air di sekelilingnya untuk wudhu, tayamum sering di lakukan di beberapa tempat, sebut saja di kendaraan, di pegunungan, di hutan dan lain sebagainya. Pada saat tersebut, biasanya orang akan lebih sulit menemukan air untuk wudhu sehingga tayamum adalah hal tepat yg bisa di lakukan agar sholat tetap sah.

Apa Saja Syarat Tayamum ?
Untuk melakukan tayamum ,kita tidak bisa sembarangan ,karna ada sayarat yg harus di ikuti, salah satunya adalah tidak adanya air. Bisa juga saat ingin sholat di dalam kendaraan umum.

Baca Juga :  Catat , Ini Akibat Kencing Tidak Cebok

Niat tayamum bagaimana ?
Seperti bisaanya, niat tayamum di lakukan sesuai ajaran masing2 ada yang di ucapkan ada juga yg dalam hati. Meski begitu niat tayamum harus jelas, dan begini niatnya :

-Niat

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitut tayammuma li-istibahatis sholaati fardhal lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Sengaja aku  bertayamum untuk melakukan sholat, fardhu karena Allah Ta’ala”

Tata Cara ?
Berbeda dengan wudhu yang lebih banyak membasuh bagian2 tertentu, pada saat tayamum kita hanya perlu membasuh dengan debu bagian tangan, dan muka.

Caranya :

-Ambil debu dan memindahkannya ke tempat yang suci kemudian tempelkan telapak tangan ke debu tersebut dan meniupnya lalu mengusapnya ke bagian yang di wajibkan , Jika tidak ada debu karena sedang di dalam kendaraan, bisa juga langsung menempelkan tangan ke dinding atau yg lainnya.

Baca Juga :  5 Macam Sholat Sunnah Yang di Anjurkan dan Paling Banyak Di Ketahui

-Mengusap Muka atau Wajah
-Mengusap Kedua Tangan Sampai Siku
-Tertib antara 2 usapan

Seperti halnya wudhu tayamum juga bisa batal ,dan pembatal wudhu juga merupakan pembatal tayamum. Selain itu tayamum wajib di lakukan 2x jika untuk 2 waktu sholat fardhu.

Nah itulah tata cara ,niat dan syarat tayamum ,semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!