Gadget

Begini Cara Mudah Dan Simple Upgrade OS Android Ke Versi Tebaru

System operasi Android adalah sebuah system yang mengatur 99% fungsi smartphone, pada dasarnya, system operasi android berpatokan pada os vendor hp, misalnya xiaomi adalah miui, dan di samping itu di dalam os sendiri terdapat versi os android, bisa di bilang ,pada hp android memiliki 2 os yang di satukan. Dan biasanya ketika os smartphone di update, di dalamnya sudah terdapat os android yg terbaru.

image : goodwalpaper.site

Biasanya ,setiap os selalu memperbaharui versi versinya secara berkala demi kepentingan stabilitas dan peningkatan performa.

Sepenting  apakah update OS ?

Di dasari oleh pengalaman anda peribadi, jika smartphone anda sudah cukup normal anda gunakan dan tidak ingin di update maka sebenarnya tidaklah wajib mengupdate os dan update os bisa di bilang tidak terlalu penting, namun faktanya, hampir setiap os yang terbaru seringkali menawarkan fitur2 terbaru dan penyempuranaan fungsi sehingga rata2 setiap ada pembaruan, pengguna akan cenderung memperbaharuinya. Sehingga untuk jawaban penting tidaknya itu relatif tergantung pengguna sendiri.

Lalu bagaimana cara update OS ?

Baca Juga :  Begini Cara Menambah dan Memaksimalkan Volume Hp Android

Ada 3 cara untuk melakukan pembaharuan ,berikut beberapa di antaranya :

1.Update system melalui aplikasi UPDATER yang  telah di sediakan oleh vendor, semisal xiaomi, ada aplikasi yang bernama Updater, disana anda bisa mengecek dan melakukan update dengan mudah dan simple. Untuk mengunakan cara ini pastikan sudah tersedia notifikasi pembaruan dan koneksi internet yang memadai karna biasanya ukuran file pembaruan adalah 1 Gb.

2.Dengan Menggunakan Pengaturan OS, cara ini cenderung mudah juga dan bisa di bilang sama dengan cara yang pertama, anda tinggal klik pengaturan ,buka about phone, dan cek pembaharuan, jika terdapat pembaharuan anda bisa langsung mendownloadnya.

3.Update melalui CWM atau recovery. Cara ini termasuk cara ampuh namun sedikit rumit, dengan cara ini ,anda bahkan bisa mengupdate system dengan system os modifikasi maupun original. Anda hanya perlu mendownload filenya dan melakukan update melalui menu cwm/recovery mode . Biasanya file berbentuk zip. Oh iya,  saat proses update batre ponsel minimal 50% agar lebih aman.

Baca Juga :  Apa Itu Sinkronisasi ( Auto Sync ) Pada Hp Android ? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

Bagaimana Jika ada pembaruan namun ternyata di cek tidak tersedia pembaruan ?

Ini termasuk pengalaman banyak pengguna yang mengalaminya, biasanya hal ini terjadi karna pengguna menggunakan os yang tidak resmi maupun mod, untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan cara ke tiga seperti yang sudah dI sebutkan. Dan jika ingi selalu mendapatkan update os ,usahakan gunakan rom atau os original.

Resiko Jika update gagal ?
Ini adalah poin penting yang juga harus anda pahami, dalam pembaharuan, bisa saja proses upgrade tersebut mengalami kegagalan dan hp mengalami bootlop atau diam pada logo, namun perlu di garis bawahi ,hal tersebut bisa terjadi jika terdapat kesalahan update seperti salah download rom, batre hp habis dll. Gagal update lebih sering terjadi ketika anda meggunakan cara ketiga, sehingaa jika menggunakan aplikasi resmi untuk pembaruan, tentunya proses akan 99% berjalan dengan normal.

Itulah beberapa cara mengupdate os hp dan android secara mudah dan simple, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!