Internet

Inilah Kecepatan Internet Maksimal Sinyal GPRS,EDGE,3G,HSDPA dan 4G

Speed atau kecepatan koneksi internet bisa di bilang sangat bervariasi, mulai dari sinyal GPRS hingga 4G tentu memilki kecepatan yang berbeda-beda, pada dasarnya sinyal dengan kecepatan GPRS adalah yang paling rendah ,dan 4G saat ini di Indonesia adalah yang paling tinggi.
Terlepas dari fungsinya untuk berselancar di internet, ternyata kecepatan internet juga sering di gunakan pengguna untuk memilih kartu internet yang ingin mereka beli ,selain itu, kecepatan internet juga menjadi tanda tanya sederhana yang terkadang belum di ketahui penggunanya. Sepertiberapa speed minimal dan maksimal untuk Jaringan EDGE,3G ataupun 4G.


Jika anda tidak tau dan bingung tentang kecepatan koneksi internet setiap broadband, berikut macam-macam koneksi dan rumus speed inet sederhananya :

GSM ( Speed Berkisar 9,6 -14,4 kbps ) atau ( 1-1,5 KBPS )
GSM adalah sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada telepon genggam. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi seluler sekaligus sebagai teknologi seluler yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.
GSM juga merupakan tingkatan sinyal seluler pertama. Konon sinyal ini tidak bisa di gunakan untuk mengakses internet dan hanya di gunakan untuk komunikasi sms/tlp saja.

GPRS ( 115-160 kbps ) atau ( 10-20 KBPS )
GPRS adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan GSM.. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
Gprs bisa disebut dengan 2.5 G dan merupakan perkembangan dari GSM.

Baca Juga :  3 Cara Simple Download Video di Facebook di Hp Android/PC

EDGE ( 384- 473,6 ) atau ( 48-59,2 KBPS )
EDGE adalah teknologi evolusi dari GSM. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.
EDGE / 2.75 G Sudah bisa di gunakan untuk internet dengan kecepatan standard DAN LEBIH CEPAT DARI gprs

UMTS/3G ( 480 kbps )
UMTS adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G(generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA
Untuk membedakan UMTS dari teknologi 3G lainnya, UMTS seringkali dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan dasar 3G dari teknologi ini.
Teknologi ini sudah bisa di gunakan untuk straming, video call dll

HSPA ( 7.2 mbps – 42 mbps ) atau ( 921 KB – 4 MBPS )
HSPA adalah koleksi protokol telepon genggam dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja UMTS

Baca Juga :  Mempercepat Koneksi Internet ? Apakah Bisa ? Begini Caranya

HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G . Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan UMTS
HSDPA, HSUPA, dan HSPA+ adalah bagian dari High-Speed Packet Access (HSPA).

LTE (4G) ( 42 Mbps – 100 + Mbps)
LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi. LTE dipasarkan dengan nama 4G LTE, merupakan sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya.Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300 mbps dan upload 75 mbps..
LTE belum lama di gunakan di Indonesia, dan sangat popular di karenakan kecepatannya yang lebih oke.

Catatan : Perlu di ketahui ,rumus tersebut adalah rumus kecepatan pada umumnya ,sehingga tidak bisa di jadikan patokan khusus di semua daerah ,hal tersebut di karenakan banyaknya pengguna yang mengakses internet juga menjadi pengaruh turunnya speed internet, sebagai contoh, jika sinyal anda 4G ,bisa saja kecepatan internet nya sama dengan 3G atau HSPA jika provider internet anda tidak maksimal, dan jika banyak pegguna yang sedang mengakses internet menggunakan kartu yang sama.

Oke itu saja ,semoga bermanfaat ,jangan lupa share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!