Teknologi

Cara Mengatasi PC/Laptop Sering Restart Sendiri dan Terus Menerus

Komputer adalah suatu Jenis perangkat teknologi yang tak lepas dari error, sebut saja seperti kasus restart-restart sendiri saat di gunakan, entah saat booting ataupun saat sudah masuk di windows, sehingga perlu di ketahui,hal ini bisa terjadi karena bayak faktor, sehingga perlu adi cari sebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

Nah, Berdasarkan pengalaman admin, hal ini pernah terjadi di komputer dan berhari hari mencari solusinya baru ketemu.

Lalu Apakah penyebabnya ? simak beberapa penyebab komputer restart2 sendiri berikut ini :

1.Processor Kepanasan atau Overheat

Processor merupakan inti dari perintah2 yang di kerjakan di komputer, bisa di bilang processor adalah sebuah komponen yang dapat mengatur segala sesuatu yang di kerjakan pada komputer itu sendiri, dalam hal ini ,processor akan terus bekerja saat komputer menyala sehingga jika terlalu di paksakan untuk menjalankan program yang berat bisa saja processor menjadi panas dan temperature menjadi tinggi kemudian menyebabkan komputer restart2 sendiri.

Cara Mengatasi : Cek Temperature Komputer Melalui Menu  Hardware Pada BIOS atau bisa memakai software seperti CPU ID dan untuk cara mengatasinya, bersihkan komponen processor secara berkala, ganti thermal paste processor yang sudah tak layak pakai, kemudian taruhlah pc pada suhu yang sesuai atau dingin.

2.Ram Rusak atau Tidak Terpasang dengan Baik

Baca Juga :  Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa dihapus di Windows 7

Ram adalah komponen yang juga penting pada komputer, tanpa sebuah ram, admin coba pc tidak bisa booting sehingga ini menunjukkan indikasi pentingnya sebuah raam. Fungsi ram yaitu untuk menyimpan memory sementara dari sebuah program maupun aplikasi yang berjalan pada system.

Cara  Mengatasi : Cek Melalui Menu di BIOS  Apakah ram bekerja dengan normal atau mengalami kerusakan dan silahkan di cek dengan memasangnya di Pc lain untuk lebih memastikan kondisi RAM terkait.

3.Hardisk Bad sector

Konon katanya tanda2 kerusakan pada hardisk ini di tandai dengan layar yang sering blue screen ataupun restart2 sendiri, bahkan tidak bisa booting jika kerusakan hardisk sudah parah, sehingga hardisk juga bisa menjadi penyebab pc restart2 sendiri, namun pada umumnya Jika terjadi kerusakan pada hardisk, pc akan tetap mau menyala dan biasanya masih bisa mengakses bios tanpa kendala .

Cara mengatasinya : Cek kabel2 yang berhubungan dengan hardisk atau silahkan Cek apakah hardisk bekerja dengan normal dengan menancapkannya di pc lain dan jika tidak bermasalah ,maka bukan hardisk penyebab error tersebut.

4.System Error

Trouble pada system juga tentunya dapat menjadikan pc anda restart2 sendiri, trouble ini bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal seperti adanya virus pada komputer, program yang tidak compatible ataupun error pada driver.

Baca Juga :  3 Cara Kompres Foto ( Mengecilkan Ukuran Gambar ) Dengan Mudah

Cara mengatasi : Cek menggunakan antivirus apakah ada virus yang menyerang komputer anda ,atau cek program/driver apa yang menampilkan indikasi error untuk selanjutnya di benahi.

5.Gangguan Power Supply /Stabilizer Yang Menyebabkan Listrik Tidak Stabil ( Berdasarkan Pengalaman )

Berdasarkan pengalaman admin, Stabiliszer atau Power Supply menjadi penyebabnya, sudah di tukar komponen macam macam tetap saja restart2 sendiri, ternyata inilah sebabnya, stabilizer atau bahkan power supply  tak mampu menstabilkan aliran listrik sehingga saat PC di hidupkan berulang kali restart2 sendiri. Hal ini bisa terjadi seperti halnya sebuah motor yang aliran bensin nya tersendat, dan dapat menyebabkan mesin atau system tidak bisa stabil menjalankan tugasnya karena daya yang di butuhkan terputus-putus.

Selain itu,Listrik tidak stabil yang di maksud juga bisa saja mengacu pada aliran suatu arus listrik seperti kabel atau stop kontak yang bermasalah, dan jika bermasalah ,bisa saja listik yg di hasilkan tidak stabil.

Cara Mengatasi : Cek setiap komponen yang mengatur arus listrik apakah ada yang bermasalah atau tidak, cara mudahnya ,gantilah setiap komponen aluran listrik satu persatu untuk memastikan komponen mana yang bermasalah ,seperti Stabilizer,Stop Kontak,Kabel Power, dan Power Supply.

Nah,Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi pc restart2 sendiri , Semoga Bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!