Informasi

Daftar Kitab atau Buku yang Biasa di Pelajari di Pesanteren

Kitab / Buku adalah sekumpulan kertas berisi informasi atau ilmu yang biasa di jadikan sumber ilmu pengetahuan dan fasilitas belajar bagi seseorang. Dalam bahasa Indonesia terdapat kata kitab yang diserap dari bahasa Arab (كتاب), yang memiliki arti buku. Kemudian pada penggunaan kata tersebut, kata kitab ditujukan hanya kepada sebuah teks atau tulisan yang dijilid menjadi satu. Kitab juga seringkali perlu di miliki oleh siswa/santri sebagai alat bantu belajar.

Namun Perlu di tekankan, Kitab2 yang memiliki kebenaran/kesempurnaan adalah Injil,taurat,zabur,dan Al quran. Sehingga saat  anda mempelajari kitab yang selain 4 tersebut. Anda masih boleh berfikir ulang jika ada yang membingungkan, dan bisa menanyakannya langsung kepada ustadz/guru. Karna hal itu kembali kepada aturan ISLAM yaitu, Jaminan kebenaran terletak di Al-Quran dan hadits.

Nah, di samping itu,Untuk anda yang ingin mengetahui kitab kitab apa yang di pelajari di pesantren dan ingin mempelajarinya di rumah, bisa di lihat daftar kitabnya di bawah ini :

-Nahwu

Ilmu an-Nahwu merupakan salah satu bagian dasar dari ilmu tata bahasa bahasa Arab untuk mengetahui jabatan kata dalam kalimat dan bentuk huruf/harakat terakhir dari suatu kata.

Ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik berubah (i’rab) atau tetap (bina). dan kaidah-kaidah yang dengannya diketahui hukum-hukum akhir-akhir kata bahasa arab dalam keadaan tersusun. sekaligus Ilmu yang menunjukan kepada kita bagaimana cara untuk menggabungkan kata benda (ismun), kata kerja (fi’lun), atau partikel (huruf/harfun) untuk membentuk kalimat yang bermanfaat (jumlah mufidah) juga untuk mengetahui keadaan (i’rab) huruf akhir dari sebuah kata.

-Tafsir Jallain

Tafsir al-Jalalain adalah sebuah kitab tafsir al-Qur’an yang sangat terkenal, yang awalnya disusun oleh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459, dan kemudian dilanjutkan oleh muridnya Jalaluddin as-Suyuthi pada tahun 1505. Kitab tafsir ini umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan, sebab dianggap mudah dipahami dan terdiri dari hanya satu jilid saja.

Baca Juga :  Mengenal Pangkat TNI & POLISI

Di sebuah pesantren biasanya kitab ini menjadi kitab utama yang di ajarkan kepada para santri karena kandungan ilmu dan petunjuk di dalamnya sangat lengkap melebihi kitab-kitab lainnya, ini karena tafsir jalalain adalah bagian dari versi terjemahan Al-quran.

-Ta’lim Muta’alim

Kitab Ta’limul Muta’allim adalah sebuah Kitab klasik yang dikarang oleh Syeh Al-Zarnuji kurang lebih pada abad VI Hijriyah. sekitar tahun 296-656 H.

Kitab ini menurut pengarangnya diberi nama “Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum” yang mempunyai pengertian bahwa Kitab ini merupakan bimbingan terhadap santri atau siswa dalam belajar atau menuntut ilmu. Atau Juga bisa di artikan Kitab Ta’limul Muta’allim mempunyai pengertian sebuah kitab yang memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses menuntut ilmu agar ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat atau dengan kata lain berhasil atau berguna.

-Sorof

Ilmu Saraf (sharaf, shorof) adalah salah satu cabang dalam Ilmu tata bahasa Arab yang membahas permasalahan bentuk suatu kalimah atau kata, baik tentang perubahan bentuk, penambahan huruf, dan susunan huruf yang membentuk kata. Ilmu Sharaf tidak membahas ikrab atau baris di ujung kalimah atau kata. Ilmu Sharaf membahas secara khusus tentang huruf-huruf ‘Ilah, Idgam, Ibdal dan Susanan huruf yang membentuk suatu kata.

Ilmu ṣarf berasal dari kata ṣarafa صرف yang bermakna berubah. Dari kata ini pakar tata bahasa arab memberi nama Ilmu tentang perubahan bentuk kalimah dengan nama Ilmu Sharaf atau ṣarf (Masdar dari Sharafa).

-Aqidatul Awam

Baca Juga :  Inilah 5 Cara Menjadi Artis Yang Sudah Terbukti

Kitab aqidatul awam adalah sebuah kitab yang menjelaskan ilmu-ilmu tauhid, Pengarang kitab ini adalah Syaikh Ahmad al-Marzuqi al-Maliki al-Makki. Beliau dilahirkan di Mesir, kemudian mengajar di Mekkah dan diangkat menjadi mufti mazhab Maliki di sana. kitab ini di kemas dalam bentuk syair dan kitab ini pernah admin pelajari secara langsung karena kitab ini begitu familiar di kalangan santri dan biasanya para santri baru langsung mempelajarinya ketika masuk pesantren. Oh iya,Nyaris setiap pesantren menggunakan kitab ini.

-Barjanzi /Maulid Diba’iy

Kitab Berjanzi atau secara popular di kenal dengan Kita Maulid diba’ adalah sebuah kitab yang di dalamnya terdapat bacaan-bacaan sholawat Nabi (Pembacaan syair-syair pujian )dan bisa di bilang sangat lengkap untuk bacaan2 sholawat, kitab ini biasanya di baca dan di amalkan dengan bersama-sama pada sebuah acara pengajian seperti acara mauled Nabi. Istilah diba’an mengacu pada kitab berisi syair pujian karya al-Imam al-Jaliil as-Sayyid as-Syaikh Abu Muhammad Abdurrahman ad-Diba’iy asy-Syaibani az-Zubaidi al-Hasaniy. Diba’an itu sendiri maksudnya adalah membaca dan melantunkan sholatwat kepada Nabi Muhammad SAW. Biasanya pembacaan sholatwat ini di iringi dengan nada sehingga menimbulkan kenyamanan saat di dengar kan dan menjadi mudah di hafal.

Catatan : Selain beberapa Kitab tersebut, tentu saja banyak lagi kitab lainnya yang di pelajari di pesantren, namun yang admin sebutkan di sini hanya kitab dasar saja ,dan Jika ada yang terbaru InshaAllah akan admin update.

Nah Itulah beberapa kitab/buku yang pada umumnya di pelajari di pesantren, buku sangat baik di gunakan namun tetap harus memperhatikan aturan yang jelas dan usahakan bertanya pada banyak guru Jika kebingungan memahami, supaya tidak mudah salah paham.

Dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!