Informasi

1o+ Tempat Wisata di Jogja Yang Bagus ,Terkenal dan Terpopuler

Yogyakarta adalah sebuah daerah yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan Jawa Tengah, Yogyakarta memiliki luas 3.185,80 km2 dan terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan.

Selain di kenal dengan kota pelaJar, Yogyakarta Juga di kenal sebagai kota wisata, tak heran kota ini memiliki banyak tempat wisata dan tempat untuk refreshing yang nyaman dan mengasyikkan, namun perlu anda ketahui ,di Jogja, ada 5 kabupaten yang setiap kabupatennya juga memiliki tempat wisata berbeda-beda ,oleh sebab itu, admin merekomendasikan tempat wisata yang terpopuler saja karena jika komplit ada ratusan tempat wisata yang ada di jogja.

Langsung saja, berikut ini tempat wisata terpopuler dan terbaik di jogja di daerah kulonprogo, bantul, gunung kidul, sleman, dan kota Yogyakarta menurut fyaindonesia :

1.Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis adalah pantai pertama yang banyak di kenal wisatawan, dan Juga pantai pertama yg paling sering di kunjungi wisatawan, pemandangan di pantai parangtritis ini sebenarnya sederhana, namun memiliki banyak makna dan keistimewaan, unuk menuju pantai ini pun jalannya paling mudah di hafal, sebab jalannya hanya lurus terus mengikuti Jl.parangtritis yang panjangnya mencapai puluhan kilometer.

Alamat : Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta, Indonesia

2.Malioboro

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta.  Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

Alamat : Sepanjang Jl.Malioboro,Yogyakarta

3.Alun-Alun Yogyakarta ( Selatan dan Utara )

Alun-alun merupakan lahan terbuka dan terbentuk dengan membuat jarak antara bangunan-bangunan gedung. Jadi dalam hal ini, bangunan gedung merupakan titik awal dan merupakan hal yang utama bagi terbentuknya alun-alun. Di Jogja, Lapangan berumput di depan istana kerajaan ini menjadi lokasi rekreasi  yang rama di kunjungii pada siang & malam hari.

Alamat : Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta (Alkid) dan Jl. alun-alun utara,Yogyakarta (Altar)

4.Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping,ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Juga :  Mengenal Pangkat TNI & POLISI

Alamat : Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

5.Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti  gajah asia, jerapah, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta.

Alamat : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

6.Taman Pintar Yogyakarta (Wisata Edukasi Tengah Kota)

Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan. Beberapa tahun ini Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota. Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.

Alamat : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7.Imogiri (Njimatan)

Tempat yang sejuk dan menyimpan banyak sejarah adalah alasan banyak orang mengunjungi tempat ini, di tempat ini ada anak tangga yang jumlahnya skitar 409 ,sangat panjang sekali, karena setelah sampai di atas ,ada pemandangan yang menakjubkan sehingga tempat ini setiap harinya di kunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.

Alamat : Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

8.Goa selarong

Gua Selarong  ini memiliki sejarah di dalamnya, Pada masa penjajahan Hindia Belanda, gua ini sempat dipakai sebagai markas perang gerilya dalam melawan penjajah. Di tempat ini pula Pangeran Diponegoro sering menyendiri. Goa selarong tidak terlalu ramai pada hari-hari biasa, namun pemandangan khas sebuah gua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung di gua selarong.

Baca Juga :  Mau Memeilihara Hewan Yang Di Lindungi ? Begini Caranya

Alamat : Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

9.Gua pindul

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Obyek wisata Gua Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini. Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.  Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Alamat : Wirawisata ,Gelaran, RW.2, Bejiharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta

10.Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Gunung Kidul ,Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Objek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata. Keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai.Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Alamat : Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Terbaik dan Terpopuler Lainnya : Pantai Depok,Goa Cerme,Bukit Bintang,Kebun Buah Mangunanan,Tugu Jogja,dan Candi Borobudor ( jawa tengah )

Referensi : Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!