Gadget

Apa Itu Sinkronisasi ( Auto Sync ) Pada Hp Android ? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

Apa Itu Sinkronisasi di Android ? Sinkronisasi merupakan sebuah proses menghubungkan antara data hp dan internet ,namun hal ini mungkin masih saja sering di cuekin oleh beberapa pengguna. Sinkronisasi umumnya di gunakan oleh akun google atau akun lainnya untuk menghubungkan data2 yang sudah di kumpulkan ,seperti kontak, data aplikasi,game dan lain sebgainya.

Pada umumnya, ada 2 Macam Proses Sinkronisasi yang ada di Hp, yang pertama adalah sinkronisasi manual ,dan yang kedua adalah sinkronisasi otomatis.

Secara fungsi sinkronisasi manual dan otomatis adalah sama, bedanya hanya terletak di mode sinkronisasi nya saja, Jika mode otomatis maka anda tak perlu repot2 melakukan sinkronisasi dalam beberapa keperluan karena system akan langsung memperbaharui dan membackup data ketika di perlukan, dan jika memilih manual ,maka setiap beberapa kperluan anda musti melakukan sinkronisasi untuk memperbaharui dan membackup data akun yang terhubung dengan hp.

Umumnya sinkronisasi ini di lakukan oleh aplikasi yang berhubungan dengan akun, sebut saja Google,whatsapp dan bbm.

Baca Juga :  Cara Flash Semua Type HP Xiaomi (Android)

Adapun Manfaat Fitur Auto Sinkronisasi Android Adalah :

-Untuk Memperbaharui Data Aplikasi

Manfaat yang paling menonjol dari fitur sinkronisasi adalah dapat memperbaharui data akun secara otomatis Jika memilih mode otomatis ,semisal akun gmail, dengan mengaktifkan fitur sinkronisasi, maka jika ada email masuk pada email anda, secara otomatis juga akan masuk di hp anda.

-Meningkatkan Keamanan Akun

Dengan mengaktifkan sinkronisasi android, maka sudah sewajarnya tingkat kemanan akun akan meningkat, itu sebabnya Jika sinkronisasi android aktif, maka ia dapat melacak sebuah akun yang login pada selain hp terkait, sebagai contoh, jika sebelumnya anda melakukan login gmail pada hp, dan tiba2 email anda melakukan login di komputer, maka anda akan cenderung mendapatkan email notifikasi yang mengatakan bahwa email anda sedang login di suatu komputer, sehingga anda bisa tau dan mengambil tidakan.

Baca Juga :  Beberapa Aplikasi Yang Perlu Di Hapus di Hp Android

Efek Jika Sinkronisasi Di Nonaktifkan :

-Data Cenderung  Tidak Dapat Terhubung ( Terupdate ) dan Terbackup Di Akun Terkait

Menonaktifkan fitur sinkronisasi android berarti sama dengan memblokir sebuah fitur yang dapat secara otomatis memperbaharui dan membackup data ,ini terjadi karena server aplikasi tidak dapat terhuung dengan hp anda.

-Data Yang Tersimpan Sebelumnya  Cenderung Tidak Dapat Di Akses

Apakah sebelumnya anda pernah membackup kontak di kontak google ? atau membackup data2 lainnya ke akun google ? Jika iya, maka jika anda menonaktifkan fitur sinkronsisasi android, maka data2 sebelumnya cenderung tidak akan anda temukan dan tidak dapat di akses Jika anda baru saja login akun di hp anda.

Nah, setelah mengetahui Apa itu sinkronisasi android dan manfaatnya, Tentu saja mengaktifkan sinkronisasi otomatis pada android adalah pilihan tepat bagi pengguna agar data” dapat terhubung dengan baik, dan semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!