Gadget

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara

Speaker adalah perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk mengeluarkan suara, Wajarnya sebuah laptop dan PC memiliki speaker, jika speaker laptop sudah ada pada komponen bawaan, maka speaker PC lebih sering di pasang sendiri oleh pengggunanya, atau istilahnya speaker eksternal untuk PC dan speaker Internal untuk Laptop.

Dalam hal ini, terkadang terdapat beberapa masalah yang terjadi pada speaker yang tidak mau memunculkan suara, padahal volume sudah di maksimalkan kan, dan speaker sudah di tancapkan dengan benar.

Kenapa Bisa Begitu ? Tidak lain tidak bukan alasannya tentu saja karena ada trouble pada pengatran atau bahkan pada hardware.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, perlu di perhatikan beberapa hal berikut ini :

Baca Juga :  Apa Itu Sinkronisasi ( Auto Sync ) Pada Hp Android ? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

-Pastikan Speaker Tidak Rusak

Silahkan lakukan ujicoa speaker anda, Jika speaker di rasa normal setelah di test, bisa lanjut poin setelahnya, namun jika rusak, lebih baik gunakan speaker yang masih normal, karena jika di paksakan pun dengan speaker yang sudah rusak, tentu saja akan sedikit mustahil speaker mampu mengeluarkan suara.

-Instalasi Driver Sound

Driver adalah sebuah software yangg menghubungkan speaker dengan PC agar system bekerja maksimal, untuk beberapa kasus sebenarnya driver sudah otomatis terinstal atau bisa mengunakan driver bawan, namun pada beberapa kasus lainnya driver harus di download dan di sesuaikan lagi. Oleh sebab itu, silahkan cek pada driver sound/speaker apakah driver sudah terinstal dengan baik untuk memastikan speaker akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Tips dan Cara Memilih HP atau Laptop yang Bagus Sesuai Budget

-Setting Volume Mixer

Berdasarkan pengalaman ini yang pernah terjadi, dan perlu di garis bawahi ,ini bukan setting Volume yang bermasalah tapi setting mixer, walaupun volume sudah full kalau setting mixer volume di lost maka speaker tetap tidak akan berbunyi. Untuk mengeceknya silahkan klik icon speaker pada taskbar dan klik mixer, setelah itu tambahkan volume pada semua menu mixer yang ada dan jangan sampai di kosongkan.

Nah jika beberapa hal tersebut sudah di cek dan di praktekan, semoga speaker kembali normal, dan semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!