Islam

Percikan Air Kencing Apakah Membuat Najis ?

Saat buang air kecil, terkadang percikan tersebut seolah mengenai kaki/pakaian kita ,dalam hati biasanya kita akan mulai ragu-ragu apakah pakaian ikut najis, walaupun sebenarnya kita sendiri tidak tau apakah percikan itu terlihat.
Dalam menyikapi hal ini,tentunya kita bisa berpatokan pada ajaran2 islam agar lebih yakin dalam menyikapinya.

Lalu apakah benar najis ?
Percikan najis yang sedikit termasuk di maafkan ,sebagaimana di maafkannya najis darah nyamuk ,kutu, dll

Khatib Syarbini (ulama madzhab Syafi’i) dalam Mughnil Muhtaj ila Makrifati Alfadzil Minhaj 1/127 menyatakan
وكذا في قول نجس لا يدركه طرف، أي لا يشاهد بالبصر لقلته لا لموافقة لون ما اتصل به، كنقطة بول وخمر وما تعلق بنحو رجل ذبابة عند الوقوع في النجاسات -وقوله- قلت: ذا القول أظهر، أي من مقابله، وهو التنجيس لعسر الاحتراز عنه، فأشبه دم البراغيث.
Artinya: Begitu juga (najis yang dimaafkan) yaitu najis yang tidak terlihat karena kecilnya bukan karena kesamaan warna dengan perkara yang terkena najis seperti setitik air kencing, setitik khamar (alkohol), dan kaki lalat yang menyentuh najis… (najis ini dimaafkan) karena sulitnya menghindari karena itu diserupakan dengan darah kutu.

Baca Juga :  5 Macam Sholat Sunnah Yang di Anjurkan dan Paling Banyak Di Ketahui

Dalam penjelasan di atas, di jelaskan bahwa percikan yang nyaris tak terlihat tidaklah terlalu bermasalah ,alias tidak najis.

Mayoritas ulama dari 4 mazhab pun sepakat bahwa najis yang sulit di hindari karena terkait pekerjaan seperti tukang kebersihan atau di hadapkan dengan najis yang sulit di hindari seperti bekerja di perusahaan yang toilet nya model berdiri dan najis ini termasuk yg sulit di hindari ,maka seperti yang di katakan para ulama 4 mazhab ini , najisnya yg sedikit tersebut di maafkan. Wallahu a’lam, dan Islam itu memudahkan.

Di samping itu, tentunya kita tetap tidak boleh egois ,egois di sini berarti tidak memaksakan pemikiran kita ke satu sisi saja. Misalnya percikannya terlihat dengan jelas dan lumayan jelas ,maka kita tidak boleh berfikir bahwa percikan tersebut hanya sedikit dan tak terlihat. Kebijaksanaan kita dalam menyikapi hal ini sangatlah di butuhkan. dan saran admin selama kita bisa leluasa berganti pakaian ,maka ada baiknya kita mengganti pakaian saja

Baca Juga :  Cek Apakah Kamu Wajib Zakat Penghasilan atau Harta ,Jika Iya Berapa Jumlahnya ?

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!