Lainnya

3 Software Untuk Belajar Membuat Website ( Design Web )

Membuat sebuah website bukanlah hal yang terlalu sulit, bukan pula hal yang bisa di bilang mudah ,karena dalam membuat sebuah website kita di tuntut untuk memahami kode-kode dasar html ataupun php sekaligus css untuk kesempurnaan hasilnya. Selain itu ,Membuat website sangat berbeda dengan membuat blog, karena pada saat membuat blog kita hanya perlu klik dan klik saja, sedangkan membuat website kita di tuntut mengotak atiknya sendiri, meskipun ada cara mudah membuat website ,namun tetap saja lebih rumit daripada sekedar membuat blog.

Selanjutnya, dalam tahap pembuatan website, sejatinya kita hanya butuh sebuah kode pada notepad dan di simpan dengan nama .html atau .php

Tapi…..itu untuk mereka yang paham coding 100% sehingga setelah coding jadi ,akan langsung tampil sebuah website ketika di upload di server maupun di tampilkan di browser, dan meski demikian, membuat web dengan coding manual 100% akan membutuhkan waktu 100% lebih lama di bandingkan dengan menggunakan software khusus.

Maka dari itu, untuk anda yang ingin belajar membuat website dasar, berikut beberapa software untuk mempermudah proses pembelajaran dan pembuatan website.

1.Dreamwaver

Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.

Dreamwaver itu sendiri admin ketahui sejak saat masih sekolah menengah kejuruan, dimana di setiap computer sudah terinstal software tersebut, dan usut punya usut ternyata software tersebut lah yang 90% di gunakan untuk praktek membuat website.

Mengapa dreamwaver ? karena dengan menggunakan dreamwaver ,kita akan lebih mudah membuat ,mengedit dan melihat hasil coding kita secara langsung tanpa repot2 upload di server, jadi ketika kita membuat coding, maka akan langsung bisa di tampilkan hasil dari tampilan coding yang kita buat.

2.Notepad++

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad ++ ini sebenarnya sama aja kayak notepad bawaan windows, tapi,,,,,nyatanya kalau dari segi fitur notepad++  jauh lebih baik ya, karena di notepad++ sebuah coding akan di beri label warna secara default, sehingga ketika ada coding2 tertentu yang kita tulis akan ada warna khusus dan membuat proses penulisan coding lebih teliti sekaligus mempermudah pengeditan.

Notepad++ itu sendiri mungkin di buat untuk mereka mereka para programmer gaes, karena kalau pengguna awam ,kayaknya ga butuh2 amat sama fitur yang ada di notepad++

3.Xampp

Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.

Xampp ini di gunakan untuk pengelolaan web server, jadi fungsi umumnya untuk menampilkan website kita ke server/browser, mengapa harus ? karena tanpa web server, sebuah web dinamis akan sulit di tampilkan bahkan tidak bisa tampil untuk kita akses,nah dengan xampp ini kita bisa melihat hasil web yang sudah kita buat sebelumnya, kalau ga mau ribet pake xammp, ya bisa langsung di upload di hosting aja sih untuk melihat hasil web yang di buat. Nanti web servernya di sediakan oleh pihak hosting.

Oke itulah 3 software rekomendasi untuk membuat website.

Hanya 3 itu saja ? ya, dengan 3 software itu saja kalian sudah bisa membuat website ,meskipun sebenarnya ada banyak sekali software ,tapi menurut admin, dengan ketiga software itu saja sudah cukup untuk memuat website untuk  pemula.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!