Gadget

5 Hal Yang Perlu di Cek Saat Membeli HP Bekas ( Second )

Membeli gadget second dan membeli gadget  baru sangatlah berbeda ,pasalnya barang baru adalah barang yang nyaris semua nya di garansi sehingga kita tak perlu repot2 melakukan cek komponenya ,karena jika ada kerusakan ,tentu gadget bisa di kembalikan ataupun di service tanpa biaya. Bagaimana dengan gadget bekas ? tentu ini memerlukan kehati-hatian supaya tidak salah pilih gadget atau bahasa kasarnya tertipu.

Oleh sebab itu, Pada saat membeli gadget bekas ( HP dan Laptop ),silahkan cek beberapa bagian ini :

1.FisiK Hp

Lihatlah dan cek apakah fisik HP dan Laptop masih bagus ? dan tanyakan apakah gadget pernah jatuh ? jika hanya lecet pemakaian itu adalah hal wajar, namun jika hp lecet karna jatuh di air, anda bisa berspekulasi lagi untuk membelinya atau tidak ,karena gadget yang pernah jatuh cenderung lebih beresiko jika di beli.

Baca Juga :  Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa dihapus di Windows 7

2.Garansi

Cek apakah Gadget masih memilki garansi resmi ? jika iya, anda tak perlu terlalu khawatir terjadi sesuatu dengan gadget yg anda beli, dan jika garansi resmi sudah habis, pastikan untuk meminta garansi personal. Garansi personal adalah garansi yang di berikan penjual selama beberapa hari ,sehingga ketika ada kerusakan, kita bisa mengembalikan kepada penjual.

3.Batre

Batre juga termasuk komponen yang perlu di cek ,dalam beberapa kasus ,ada batre yang sudah drop sehingga saat di gunakan sebentar ,hp langsung kehabisan daya. Dan untuk cara mengecek batre bisa di lihat batrenya kembung atau tidak, atau tanyakan langsung apakah batrenya drop atau tidak.

4.Charger

Nah, untuk komponen charger, biasanya jarang di cek, padahal ini juga penting, kita harus mengeceknya secara langsung menggunakan stop kontak, apakah hp bisa di charger atau tidak. Karena jika tidak kita cek, bisa saja saat di charger ternyata tidak bisa.

Baca Juga :  3 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik dan Terlengkap

5.Memori

Memori yang di maksud adalah Micro SD untuk yang memilki fitur micro sd, biasanya saat menjual hp, seorang penjual sudah melepas micro sd nya di karenakan micro sd seringkali berisi data personal sehingga tak ikut di jual, namun jika tidak di cek, ada beberapa kasus bahwa ternyata hp tersebut tidak bisa di pasang micro sd.

Selain itu anda bisa mengecek komponen-komponen lain yang menurut anda perlu di cek pada saat proses transaksi agar lebih maksimal.

Tips : COD lah di rumah yang bersangkutan ,atu di tempat keramaian, sehingga prosees transaksi lebih aman, dan pastikan anda menanyakan betul apakah hp tersebut NORMAL atau apakah ada minus ? sehingga tidak ada istilah tipu-menipu.

Semoga Bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!